Analisis Lingkungan Eksternal

January 12, 2018 | Author: Fitri Agustiari | Category: N/A
Share Embed


Deskripsi Singkat

Analisis Lingkungan Eksternal

Analisis lingkungan eksternal mencakup pemahaman di berbagai faktor di luar perusahaan yang mengarah pada munculnya kesempatan bisnis / bahkan ancaman bagi perusahaan perusahaan tersebut. Di dalam analisis lingkungan eksternal berupaya memilah permasalahan global yang dihadapi perusahaan dalam bentuk, fungsi dan keterkaitan antar bagian. Bagi pengembangan strategik, analisis ini di butuhkan tidak hanya terbatas pada rincian analisis kesempatan dan ancaman saja tetapi juga untuk menentukan dari mana dan untuk apa hasil analisis itu di pergunakan . Oleh karena itu manajer puncak membutuhkan diagnosis lebih lanjut atas hasil analisis lingkungan eksternal.

Lingkungan eksternal

General
- Sosial-ekonomi
- Teknologi
- Pemerintah
Industri
- Pelanggan
- Pemasok
- Pesaing Internasional


Proses Diagnosis Lingkungan

Pada prinsipnya merupakan kelanjutan proses analisis. Dalam arti luas proses dfiagnosis mem beri penilaian yang signifikan terhadap berbagai kesempatan dan ancaman yang ditemukan selama proses analisis lingkungan. Elemen kunci diagnosis adalah kemampuan manager puncak unrtuk menentukan informasi yang mana dapat diabaikan kemudian mengevaluasi jenis informasi yang dipandang relevan dengan kepentingan organisasi. Hanya saja barangkali kini di perlukan dalam proses diagnosis adalah pemahaman atas berbagai factor penen tu hasil diagnosis lingkungan.Berbagai factor tersebut diantaranya adalah karakteristik individu seolrang strategic manager, pengaruh pekerjaan, dinamika kelompok, dan factor lingkungan fisik lain yang mempengaruhi keputusan managerial.

Kekuatan Sosial, Budaya, Demografis, dan Lingkungan

Tujuh Negara bagian dengan persentase kaum minoritas tertinggi (Afrika-Amerika, Pribumi Amerika, Asia, Hispanik, Pribumu Hawaii) adalah :
Nevada (25 persen), Arizona (20 persen), Georgia (14 persen), Florida (13 persen), Idaho (13 persen), North Carolina (10 persen), dan Colorado (10 persen).
Tren-tren sosia, budaya, demografis, dan lingkungan membentuk cara orang hidup, bekerja, memproduksi, dan mengonsumsi. Tren-tren baru itu menciptakan jenis konsumen yang berbeda. Sebagai contoh : kini semakin banyak rumah tangga Amerika dengan orang yang hidup sendiri atau dengan orang yang tidak memiliki hubungan resmi dari pada rumah tangga yang terdiri atas pasangan yang menikah lengkap dengan anak-anak mereka. Konsumsi bir di Amerika Serikat hanya naik 0,5 persen per tahun, sementara konsumsi anggur meningkat 3,5 persen dan konsumsi minuman keras tumnuh 2,0 persen. Bir masih merupakan minuman beralkohol yang paling popular di Amerika Serikat.
Tren yang mengarah ke populasi yang lebih tua ini merupakan kabar baik untuk restoran, hotel, maskapai penerbangan, perusahaan armada layar, resor, produk dan jasa mewah, travel dan waktu luang. Angka harapan hidup tertinggi di Jepang dimana kaum perempuan perempuannya rata rata hidup sampai dengan usia 86,3 tahun, sedangkan kaum laki-laki hingga usia 80,1 tahun.
Warga Amerika sedang dalam pergeseran populasi ke selatan dan barat dan menjauh ke kawasan timur laut dan barat daya (Frostbelt). Internal Revenue Service AS menyediakan fail computer yang masif mengenai data demografis kpd Biro Sensus AS. Semua fakta ini mempresentasikan peluang dan ancaman yang besar bagi beberapa perusahaan. Sebagai contoh, lima negra bagian AS dengan pertumbuhan tercepat berturut-turut adalah Arizona, Nevada, Idaho, Georgia, dan Texas, sementara empat Negara bagian (Louisiana, Rhode island, New York, Michigan) dan Washington, D.C. ditinggalkan warganya pada 2006. Bagian timur laut, Negara bagian New York, New Jersey, dan Massachussetts terus kehilangan sejumlah besar warga yang pindah ke Negara Negara bagian lain. Bagian barat daya , Negara Negara bagian yang ditinggalkan banyak warganya adalah Illinois, Michigan, dan Ohio.
Di luar terorisme , tidak ada ancaman yang lebih besar terhadap bisnis dan masyarakat melebihi penghancuran dan kemerosotan lingkungan hidup yang mengerikan dan terus menerus.

Kekuatan Politik, Pemerintah, dan Hukum

Pemerintah baik pusat maupun daerah merupakan pembuat regulasi, deregulasi, penyubsidi, pemberi kerja dan konsumen utama organisasi. Untuk industri dan perusahan yang sangat bergantung pada kontrak atau subsidi pemerintah, ramalan politik bias menjadi bagian terpenting dari udit eksternal. Di dunia biopolitik, masyarakat Amerika masih belum seragam mengenai isu-isu seperti bantuan untuk bunuh diri, uji genetic, rekayasa genetic, cloning, riset sel batang, dan aborsi.
Di eropa, banyak perusahaan multinasional semacam John Deere, Polo Ralph Lauren, Gillette, Cargill, dan General Mills memindahkan perusahaan mereka dari Francis, Belanda, dan Jerman ke Swiss dan Irlandia guna menghindari biaya yang terkait dengan harmonisasi pajak (tax harmonization), sebuah istilah yang mengacu pada usaha UE untuk mengakhiri libur oajak kompetitif di kalangan Negara Negara anggota.
Uni Eropa menginginkan semua anggotanya menandatangani konstitusi bersama dan juga mengharapkan perdagangan yang lebih besar antarnegara anggota. Sebuah laporan mutakhir dan bruegel, sebuah think tank di Brussels, mengungkapkan bahwa Negara Negara anggota UE masih membelanjakan 86 persen pendapatan mereka untuk barang dan jasa yang diperoduksi di dalam negeri dan hanya 10 persen untuk barang dan jasa dari Negara Negara UE lain. Britania menyatakan kata "konstitusi" tidak dapat digunakan, yang lain tidak setuju. Dan, Italia diperbolehkan masuk ke dalam UE dengan yang lain mengajukan permohonan untuk bergabung dengan UE meliputi Ukraina, Georgia, Kroasia, Turki,dan Makedonia.

Kekuatan Teknologi

Adanya perubahan dan penemuan teknologi yg revolusioner memiliki dampk yang dramatis terhadap organisasi. Internet bertindak sebagai mesin ekonomi nasional dan global yang memacu pertumbuhan, sebuah factor yang sangat penting dalam kemampuan sebuah Negara untuk meningkatkan standar hidup; dan ia membuat perusahaan mampu menghemat miliaran dolar biaya distribusi dan transaksi dari penjualan langsung ke sistem swalayan. Perubahan teknologi juga akan berpengaruh pada pilihan metode distribusi dan kemampuan tenaga penjual yang di butuhkan untuk melayani segmen pasar yang di pilih . Tingkat kecepatan atau kterlambatan dalam mengantisipasi perubahan teknologi dalam banyak hal adalah merupakan fungsi dari kreativitas sumberdaya mansia,tingkat reseptif perusahaan dalam industri dan ketersediaan sumber dana untuk membiayaai kegiatan penelitian dan pengembangan serta operasional.

Kekuatan Kompetitif

kemampuan sebuah organisasi untuk memformulasikan strategi yang menempatkannya pada suatu posisi yang berkaitan dengan perusahaan lainnya. Dalam hal ini strategi dipahami bukan hanyan sebagai berbagai cara untuk meencapai tujuan melainkan mencangkup pula penentuan berbagai tujuan itu sendiri. Kemampuan perusahaan untuk memanfaatkan berbagai sumber daya dan kapabilitasnya sebagai aset strategik. Dengan nilai tambah yang dimiliki akan meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan. Keunikan diantara perusahaan sejenis dan pesaing potensial. Jika suatu perusahaan memiliki keunikan tersendiri maka akan semakin meningkat keunggulan bersaing yang dimilikinya diantara pesaing. Tidak dapat ditiru dengan sempurna. Perusahaan dengan produk yang tidak dapat ditiru pesaingnya dengan sempurna telah memiliki nilai tambah dalam mencapai keunggulan bersaing. Harus tidak ada strategi yang sama yang dapat menggantikan sumber daya. Jika tidak ada strategi yang dapat menggantikan sumber daya maka suatu perusahaan akan mencapai keunggulan bersaing tersendiri.

Kerja Sama Antarpesaing

Strategi-strategi yang menekankan kerja sama antar pesaing digunakan kembali. Sebagai contoh, sebuah perusahaan software baru yang masih berskala usaha kecil yang menjual produk khusus untuk konsumen korporat yang dibanderol mahal. Produk itu berat dalam aspek kapabilitas pengembangan visual, tetapi mudah dan ringan dalam hal pemodelan dan simulasi dan para stafnya terus bekerja bersaing melawan rival dalam ceruk pasar yang pada hakikatnya memiliki kelebihan dalam jenis produk serupa. Kedua pihak, perusahaan dan rivalnya, sama-sama kehilangan segmen pasar yang menguntungkan. Keduanya juga gagal dalam membangun apa yang dimiliki oleh pihak lain tetapi mereka dengan mudah bisa menyatukan sejumlah fitur gabungan dalam sebuah produk hasil kreasi bersama.
Akhirnya kedua perusahaan memutuskan untuk menyusun sebuah kerjasama strategis dengan produk gabungan demi menjaring segmen pasar yang lebih besar. Berkat cakupan pasar yang bertambah luas dan solusi bagi konsumen yang lebih banyak, keduanya meraih pemasukan yang lebih tinggi dan kredibilitas yang melebihi sebelumnya dan pada saat yang sama mengurangi upaya pemasaran dan pengembangan. Di triwulan berikutnya, kedua pihak bersama-sama mendapatkan dua orang pelanggan korporat baru yang menyukai solusi terintegrasi yang ditawarkan kedua perusahaan tersebut.
Kesepakatan kerja sama antar pesaing bahkan lebih popular lagi. Agar kerja sama antarpesaing sukses.





Deskripsi

Analisis Lingkungan Eksternal

Analisis lingkungan eksternal mencakup pemahaman di berbagai faktor di luar perusahaan yang mengarah pada munculnya kesempatan bisnis / bahkan ancaman bagi perusahaan perusahaan tersebut. Di dalam analisis lingkungan eksternal berupaya memilah permasalahan global yang dihadapi perusahaan dalam bentuk, fungsi dan keterkaitan antar bagian. Bagi pengembangan strategik, analisis ini di butuhkan tidak hanya terbatas pada rincian analisis kesempatan dan ancaman saja tetapi juga untuk menentukan dari mana dan untuk apa hasil analisis itu di pergunakan . Oleh karena itu manajer puncak membutuhkan diagnosis lebih lanjut atas hasil analisis lingkungan eksternal.

Lingkungan eksternal

General
- Sosial-ekonomi
- Teknologi
- Pemerintah
Industri
- Pelanggan
- Pemasok
- Pesaing Internasional


Proses Diagnosis Lingkungan

Pada prinsipnya merupakan kelanjutan proses analisis. Dalam arti luas proses dfiagnosis mem beri penilaian yang signifikan terhadap berbagai kesempatan dan ancaman yang ditemukan selama proses analisis lingkungan. Elemen kunci diagnosis adalah kemampuan manager puncak unrtuk menentukan informasi yang mana dapat diabaikan kemudian mengevaluasi jenis informasi yang dipandang relevan dengan kepentingan organisasi. Hanya saja barangkali kini di perlukan dalam proses diagnosis adalah pemahaman atas berbagai factor penen tu hasil diagnosis lingkungan.Berbagai factor tersebut diantaranya adalah karakteristik individu seolrang strategic manager, pengaruh pekerjaan, dinamika kelompok, dan factor lingkungan fisik lain yang mempengaruhi keputusan managerial.

Kekuatan Sosial, Budaya, Demografis, dan Lingkungan

Tujuh Negara bagian dengan persentase kaum minoritas tertinggi (Afrika-Amerika, Pribumi Amerika, Asia, Hispanik, Pribumu Hawaii) adalah :
Nevada (25 persen), Arizona (20 persen), Georgia (14 persen), Florida (13 persen), Idaho (13 persen), North Carolina (10 persen), dan Colorado (10 persen).
Tren-tren sosia, budaya, demografis, dan lingkungan membentuk cara orang hidup, bekerja, memproduksi, dan mengonsumsi. Tren-tren baru itu menciptakan jenis konsumen yang berbeda. Sebagai contoh : kini semakin banyak rumah tangga Amerika dengan orang yang hidup sendiri atau dengan orang yang tidak memiliki hubungan resmi dari pada rumah tangga yang terdiri atas pasangan yang menikah lengkap dengan anak-anak mereka. Konsumsi bir di Amerika Serikat hanya naik 0,5 persen per tahun, sementara konsumsi anggur meningkat 3,5 persen dan konsumsi minuman keras tumnuh 2,0 persen. Bir masih merupakan minuman beralkohol yang paling popular di Amerika Serikat.
Tren yang mengarah ke populasi yang lebih tua ini merupakan kabar baik untuk restoran, hotel, maskapai penerbangan, perusahaan armada layar, resor, produk dan jasa mewah, travel dan waktu luang. Angka harapan hidup tertinggi di Jepang dimana kaum perempuan perempuannya rata rata hidup sampai dengan usia 86,3 tahun, sedangkan kaum laki-laki hingga usia 80,1 tahun.
Warga Amerika sedang dalam pergeseran populasi ke selatan dan barat dan menjauh ke kawasan timur laut dan barat daya (Frostbelt). Internal Revenue Service AS menyediakan fail computer yang masif mengenai data demografis kpd Biro Sensus AS. Semua fakta ini mempresentasikan peluang dan ancaman yang besar bagi beberapa perusahaan. Sebagai contoh, lima negra bagian AS dengan pertumbuhan tercepat berturut-turut adalah Arizona, Nevada, Idaho, Georgia, dan Texas, sementara empat Negara bagian (Louisiana, Rhode island, New York, Michigan) dan Washington, D.C. ditinggalkan warganya pada 2006. Bagian timur laut, Negara bagian New York, New Jersey, dan Massachussetts terus kehilangan sejumlah besar warga yang pindah ke Negara Negara bagian lain. Bagian barat daya , Negara Negara bagian yang ditinggalkan banyak warganya adalah Illinois, Michigan, dan Ohio.
Di luar terorisme , tidak ada ancaman yang lebih besar terhadap bisnis dan masyarakat melebihi penghancuran dan kemerosotan lingkungan hidup yang mengerikan dan terus menerus.

Kekuatan Politik, Pemerintah, dan Hukum

Pemerintah baik pusat maupun daerah merupakan pembuat regulasi, deregulasi, penyubsidi, pemberi kerja dan konsumen utama organisasi. Untuk industri dan perusahan yang sangat bergantung pada kontrak atau subsidi pemerintah, ramalan politik bias menjadi bagian terpenting dari udit eksternal. Di dunia biopolitik, masyarakat Amerika masih belum seragam mengenai isu-isu seperti bantuan untuk bunuh diri, uji genetic, rekayasa genetic, cloning, riset sel batang, dan aborsi.
Di eropa, banyak perusahaan multinasional semacam John Deere, Polo Ralph Lauren, Gillette, Cargill, dan General Mills memindahkan perusahaan mereka dari Francis, Belanda, dan Jerman ke Swiss dan Irlandia guna menghindari biaya yang terkait dengan harmonisasi pajak (tax harmonization), sebuah istilah yang mengacu pada usaha UE untuk mengakhiri libur oajak kompetitif di kalangan Negara Negara anggota.
Uni Eropa menginginkan semua anggotanya menandatangani konstitusi bersama dan juga mengharapkan perdagangan yang lebih besar antarnegara anggota. Sebuah laporan mutakhir dan bruegel, sebuah think tank di Brussels, mengungkapkan bahwa Negara Negara anggota UE masih membelanjakan 86 persen pendapatan mereka untuk barang dan jasa yang diperoduksi di dalam negeri dan hanya 10 persen untuk barang dan jasa dari Negara Negara UE lain. Britania menyatakan kata "konstitusi" tidak dapat digunakan, yang lain tidak setuju. Dan, Italia diperbolehkan masuk ke dalam UE dengan yang lain mengajukan permohonan untuk bergabung dengan UE meliputi Ukraina, Georgia, Kroasia, Turki,dan Makedonia.

Kekuatan Teknologi

Adanya perubahan dan penemuan teknologi yg revolusioner memiliki dampk yang dramatis terhadap organisasi. Internet bertindak sebagai mesin ekonomi nasional dan global yang memacu pertumbuhan, sebuah factor yang sangat penting dalam kemampuan sebuah Negara untuk meningkatkan standar hidup; dan ia membuat perusahaan mampu menghemat miliaran dolar biaya distribusi dan transaksi dari penjualan langsung ke sistem swalayan. Perubahan teknologi juga akan berpengaruh pada pilihan metode distribusi dan kemampuan tenaga penjual yang di butuhkan untuk melayani segmen pasar yang di pilih . Tingkat kecepatan atau kterlambatan dalam mengantisipasi perubahan teknologi dalam banyak hal adalah merupakan fungsi dari kreativitas sumberdaya mansia,tingkat reseptif perusahaan dalam industri dan ketersediaan sumber dana untuk membiayaai kegiatan penelitian dan pengembangan serta operasional.

Kekuatan Kompetitif

kemampuan sebuah organisasi untuk memformulasikan strategi yang menempatkannya pada suatu posisi yang berkaitan dengan perusahaan lainnya. Dalam hal ini strategi dipahami bukan hanyan sebagai berbagai cara untuk meencapai tujuan melainkan mencangkup pula penentuan berbagai tujuan itu sendiri. Kemampuan perusahaan untuk memanfaatkan berbagai sumber daya dan kapabilitasnya sebagai aset strategik. Dengan nilai tambah yang dimiliki akan meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan. Keunikan diantara perusahaan sejenis dan pesaing potensial. Jika suatu perusahaan memiliki keunikan tersendiri maka akan semakin meningkat keunggulan bersaing yang dimilikinya diantara pesaing. Tidak dapat ditiru dengan sempurna. Perusahaan dengan produk yang tidak dapat ditiru pesaingnya dengan sempurna telah memiliki nilai tambah dalam mencapai keunggulan bersaing. Harus tidak ada strategi yang sama yang dapat menggantikan sumber daya. Jika tidak ada strategi yang dapat menggantikan sumber daya maka suatu perusahaan akan mencapai keunggulan bersaing tersendiri.

Kerja Sama Antarpesaing

Strategi-strategi yang menekankan kerja sama antar pesaing digunakan kembali. Sebagai contoh, sebuah perusahaan software baru yang masih berskala usaha kecil yang menjual produk khusus untuk konsumen korporat yang dibanderol mahal. Produk itu berat dalam aspek kapabilitas pengembangan visual, tetapi mudah dan ringan dalam hal pemodelan dan simulasi dan para stafnya terus bekerja bersaing melawan rival dalam ceruk pasar yang pada hakikatnya memiliki kelebihan dalam jenis produk serupa. Kedua pihak, perusahaan dan rivalnya, sama-sama kehilangan segmen pasar yang menguntungkan. Keduanya juga gagal dalam membangun apa yang dimiliki oleh pihak lain tetapi mereka dengan mudah bisa menyatukan sejumlah fitur gabungan dalam sebuah produk hasil kreasi bersama.
Akhirnya kedua perusahaan memutuskan untuk menyusun sebuah kerjasama strategis dengan produk gabungan demi menjaring segmen pasar yang lebih besar. Berkat cakupan pasar yang bertambah luas dan solusi bagi konsumen yang lebih banyak, keduanya meraih pemasukan yang lebih tinggi dan kredibilitas yang melebihi sebelumnya dan pada saat yang sama mengurangi upaya pemasaran dan pengembangan. Di triwulan berikutnya, kedua pihak bersama-sama mendapatkan dua orang pelanggan korporat baru yang menyukai solusi terintegrasi yang ditawarkan kedua perusahaan tersebut.
Kesepakatan kerja sama antar pesaing bahkan lebih popular lagi. Agar kerja sama antarpesaing sukses.



Lihat lebih banyak...

Komentar

Hak Cipta © 2017 CARIDOKUMEN Inc.